Wednesday , December 19 2018
Home / Bagian-Pengawasan Produk Hukum Daerah dan JDIH / Rapat Pembinaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kabupaten/Kota Se Jawa Tengah Tahun 2018

Rapat Pembinaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kabupaten/Kota Se Jawa Tengah Tahun 2018

rakor_pembinaan_2018_01

Semarang (30/8/2018) Biro Hukum SETDA Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Rapat Pembinaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Kabupaten/Kota Se Jawa Tengah. Rapat pembinaan dengan Tema “Digitalisasi Informasi Hukum Menuju Pelayanan Prima yang Inovatif” bertempat di Gedung B Lantai 5 SETDA Provinsi Jawa Tengah dan di buka oleh Plt. Asisten Pemerintahan dan KESRA Bapak Herru Setiadhie, SH, M.Si .

Dalam Sambutannya, Bapak Herru mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat sebagai media untuk saling bertukar pendapat dan pengalaman serta menyamakan persepsi dalam pengelolaan JDIH yang terpadu demi mewujudkan penyebaran informasi yang mudah, cepat , dan akurat agar nantinya dapat diterapkan di instansi masing-masing.

rakor_pembinaan_2018_02

Di era digital saat ini, terdapat penekanan pentingnya pembuatan database peraturan perundang-undangan sebagai upaya penyediaan akses informasi hukum yang terintegrasi. Karena syarat penyebaran informasi hukum yang efektif dan efisien adalah mudah dicari dan ditemukan kembali. Keberadaan website JDIH dapat memudahkan masyarakat untUk memperoleh data dan informasi hukum karena dapat diakses dimanapun dan kapanpun, serta pentingnya peran SDM yang professional dalam pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum.

Selain rapat pembinaan, acara ini juga disertai dengan penyerahan hadiah untuk pemenang penilaian JDIH Kabupaten/Kota Provinsi Jawa Tengah yang diberikan oleh Plt. Asisten Pemerintahan dan KESRA, Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional BPHN, Kepala Biro Hukum, dan Kepala Bagian Pengawasan Peraturan Daerah Kabupaten/Kota dan JDIH kepada masing-masing juara 1, 2, dan 3 yang diraih oleh Kota Surakarta, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Magelang.

rakor_pembinaan_2018_03

Adapun materi yang disampaikan dalam Rapat Pembinaan ini adalah :

  1. Materi pertama tentang Kebijakan Penguatan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIH) di Daerah Dalam Pelayanan dan Penyebarluasan Produk Hukum, yang disampaikan oleh Bapak Drs. Yasmon, M.L.S. (Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional).
  2. Materi kedua tentang Integrasi Database Produk Hukum Website JDIH Menuju Akses Informasi Hukum yang Terintegrasi, yang disampaikan oleh Bapak Diden Priya Utama, S.Kom. (Kepala Sub Bidang Digitalisasi Dokumen Hukum Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional Badan Pembinaan Hukum Nasional).

rakor_pembinaan_2018_04

(hest)

Check Also

pengh_HAM_11-12-2018_1

Jateng Raih Penghargaan HAM Enam Kali Berturut-turut

Jakarta – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali mendapat penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini Kementerian ...