Sunday , January 20 2019
Home / Bagian-Pengawasan Produk Hukum Daerah dan JDIH / Launching & Sosialisasi SIP-Prokumda (Sistem Informasi Pengawasan Produk Hukum Daerah)

Launching & Sosialisasi SIP-Prokumda (Sistem Informasi Pengawasan Produk Hukum Daerah)

sip-prokumda_23-nov-2018

Semarang (23/11/2018) Biro Hukum SETDA Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Launching & Sosialisasi SIP-Prokumda (Sistem Informasi Pengawasan Produk Hukum Daerah) yang bertempat di Hotel Patra Jasa, Semarang. Peluncuran sekaligus sosialisasi aplikasi itu dilakukan oleh Sekretaria Daerah Provinsi Jawa Tengah Bapak Dr. Ir. Sri Puryono, KS, MP di dampingi Kepala Biro Hukum SETDA Provinsi Jawa Tengah (Indrawasih, SH, MH), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dadang Soemantri, ATD, MT) dan Wakil Ketua Komisioner KIP Jateng (Zainal Abidin Petir, S.Pd, SH, MH).

Ide Inovasi pembangunan aplikasi SIP-Prokumda ini, diprakarsai oleh Kepala Bagian Pengawasan Produk Hukum Daerah Kabupaten Kota dan JDIH (ZRP. TJ. Mulyono, SH, MH) yang kebetulan sedang melaksanakan Diklatpim III di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah. Meskipun munculnya ide inovasi untuk pembangunan aplikasi ini saat menjadi peserta Diklatpim  III, namun sesungguhnya kebutuhan akan sistem informasi ini sudah lama dibutuhkan, untuk meningkatkan kualitas layanan di Biro Hukum.

Sip-Prokumda merupakan aplikasi berbasis internet yang berfungsi memberikan akses informasi seluas-luasnya kepada masyarakat, utamanya para pemangku kepentingan tentang perkembangan proses (tracking) layanan evaluasi, fasilitasi dan pemberian nomor register Rancangan Peraturan Daerah kabupaten / kota. Selain itu, aplikasi ini juga untuk mewujudkan transparansi dalam proses pengawasan produk hukum daerah yang dilaksanakan oleh Biro Hukum dan Organisasi Perangkat Daerah lainnya.

Bapak SEKDA Provinsi Jawa Tengah sangat mengapresiasi inovasi aplikasi yang dikelola oleh Biro Hukum tersebut. Terlebih seiring perkembangan Teknologi Informasi yang kian pesat akan membawa manusia pada peradaban yang semakin maju, sehingga apabila tidak membuat perubahan akan tertinggal. Inovasi SIP-Prokumda ini, sangat relevan untuk terus didorong dan dikembangkan. Bapak Sri Puryono berharap aplikasi ini tidak hanya digunakan oleh Biro Hukum selaku pengampu evaluasi Raperda tentang pajak dan retribusi daerah, ke depan aplikasi itu juga digunakan untuk layanan evaluasi raperda yang diampu oleh beberapa OPD provinsi.

sip-prokumda_23-nov-2018_2

Pada acara tersebut juga di lakukan penyerahan secara simbolis akun Aplikasi SISPENSI-PDRD (Sistem Pengendalian Evaluasi dan Konsultasi Ranperda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah) dari SEKDA Provinsi Jawa Tengah kepada Kabupaten Wonogiri dan Kabupaten Pemalang. Aplikasi SISPENSI-PDRD merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Keuangan Daerah Kemendagri yang digunakan peningkatan kinerja dalam proses konsultasi dan evaluasi Rancangan Perda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah oleh Menteri Dalam Negeri yang dapat dilaksanakan oleh Bagian hukum Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

(tok)

Check Also

bimbingan_PKL_SMKN01Purbalingga

Pembimbingan PKL SMK Negeri 1 Purbalingga

Semarang (15/1/2019) Biro Hukum dalam rangka ikut mencerdaskan masyarakat terutama bagi para siswa PKL telah melakukan ...