Info Publik

Sosialisasi Pengelolaan Sampah (Perda No 3 Th 2014) di Kendal

upload-web

Pada hari kamis tanggal 21 Mei 2015 di Kabupaten kendal di laksanakan sosialisasi perda no 3 tahun 2014 tentang  pengelolaan sampah. Kegiatan ini di mulai jam 10.00 yang di laksanakan di ruang pertemuan Setda kabupaten kendal lantai 2. Acara sosialisasi ini di buka oleh asisten 1 sekda kab. kendal  yaitu bapak Drs, Winarno, SH, MH. Dalam pembukaannya beliau menghimbau bahwa setiap orang harus menjaga kebersihan lingkungan hidup. Dalam sosialisasi ini yang bertindak sebagai moderator adalah Bapak Wahyu Hidayat, SH, MH ( Kabag Hukum Kab. Kendal)

susunan acara dalam sosialisasi pengelolaan sampah ini adalah

1. Laporan penyelenggaraan Sosialisasi dari Prov Jateng yang di sampaikan oleh Ibu Sapta Hermawati, SH, MM
2. Materi 1 tentang Kebijakan Pemerintah Provinsi Jateng terhadap pengelolaan sampah oleh Bapak Busono ( dari Badan Lingkungan Hidup Prov Jateng)
3. Materi 2 Tentang Perda Prov Jateng Nomor 3 tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah di Jateng Oleh Bp. Muhammad Ali, ST. MT ( dari Dinas Cipta Karya dan Tata RUang Prov Jateng)

sehingga di dapat kesimpulan dari sosialisai tersebut adalah,
1. Dari Badan Lingkungan Hidup Prov Jateng

– Sampah bisa menjadi bencana

– Sampah di pilah dari TPS sampai ke TPA dan pengelolaan sampah merupakan tanggung jawab semua warga

– Kendal masih cukup banyak sampah yang belum terkelola

2. Dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Prov Jateng

– Sampah bisa Meningkatkan Kesejahteraan

– Setiap orang mempunyai hak & kewajiban atas pengelolaan sampah

– TPA Regional  dari Hibah semoga bisa terealisasi di kabupaten kendal

– Sampah bisa di pilah menjadi 5

a. sampah yang mengandung B3 serta limbah B3;

b. sampah yang mudah terurai;

c. sampah yang dapat digunakan kembali;

d. sampah yang dapat didaur ulang; dan

e. sampah lainnya.  (tok)

Sosialisasi Pengelolaan Sampah (Perda No 3 Th 2014) di Sragen

1111

Pada hari selasa tanggal 19 Mei 2015 di Kabupaten sragen di laksanakan sosialisasi perda no 3 tahun 2014 tentang  pengelolaan sampah. Kegiatan ini di mulai jam 09.00 yang di laksanakan di gedung pertemual rumah makan Roso Joyo II , jalan Irian Nglorok Sragen. Acara sosialisasi ini di buka oleh asisten 1 sekda kab. sragen yaitu bapak Drs, Parsono.

susunan acara dalam sosialisasi pengelolaan sampah ini adalah

1. Laporan penyelenggaraan Sosialisasi dari Prov Jateng yang di sampaikan oleh Ibu Sapta Hermawati, SH, MM
2. Materi 1 tentang Kebijakan Pemerintah Provinsi Jateng terhadap pengelolaan sampah oleh Bapak Ir. Marnang Hayoto ( dari Badan Lingkungan Hidup Prov Jateng)
3. Materi 2 Tentang Perda Prov Jateng Nomor 3 tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah di Jateng Oleh Bp. Muhammad Ali, ST. MT ( dari Dinas Cipta Karya dan Tata RUang Prov Jateng)

sehingga di dapat kesimpulan dari sosialisai tersebut adalah,
– agar tidak ada lagi TPA liar yang meresahkan warga,
– Tidak Membakar sampah, tapi kita pilah-pilah misal untuk yg organik cukup dengan kita timbun.
sedangkan yang plastik kita bedakan.
– Sampah bisa menyebabkan konflik sosial sehingga dengan perda ini di harapkan tidak hanya di kota saja,
tetapi di daerah-daerah juga bisa menyelenggarakan daerahnya menjadi bersih dari sampah sehingga bisa tercapai tidak hanya adipura saja, tapi bisa mencapai adipura kencana. (tok)

LOMBA KADARKUM di BAKORWIL II TH 2015

Pada hari senin tanggal 4 Mei 2015, di laksanakan Lomba Kadarkum II di Kabupaten Karanganyar. Tempat pelaksanaan lomba di Pendopo Rumah Dinas Bupati Karanganyar,dan dalam Lomba tersebut di menangkan oleh kabupaten karanganyar . Karanganyar berhasil meraih juara 1 lomba Keluarga Sadar Hukum Ormas / TP. PKK Tingkat Bakorwil II Prop Jateng Tahun 2015. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Barkorwil II Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dengan Biro Hukum Setda Pemprov Jateng serta Kab. Karanganyar selaku tuan rumah. Adapun peserta nya meliputi Kota Magelang, Kab. Kebumen, Kab. Temanggung, Kab. Boyolali, Kab. Purworejo, Kab. Wonogiri, Kab. Karanganyar, Kab. Magelang, Kab. Wonosobo, Kab. Klaten, Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo dan Kab. Sragen.

Jalannya perlombaan dibagi menjadi 3 tahapan, dimana untuk putaran pertama Karanganyar maju dalam sesi 2 melawan Kab. Wonogiri dan Kab. Magelang dengan perjuangan yang tanpa lelah dan Bupati Karanganyar yang hadir secara khusus untuk memberikan dukungan langsung mampu menyisihkan lawan-lawannya dan berhak mengisi satu tempat di sesi final.

Dalam sesi final dimana diisi oleh Kab. Kebumen, Kab. Temanggung, Kab. Karanganyar, Kab. Klaten dan Kab. Sukoharjo, pertandingan berlangsung dengan sengit. Semua tim berlomba untuk memberikan kemampuan terbaiknya. Sorak sorai dari para suporter mampu membakar semangat para konstestan sehingga suasana tegang menghinggapi kontestan pada detik2 akhir lomba. Situasi ini membuat tidak sedikit peserta terlalu cepat memencet bel sebelum pertanyaan selesai dilontarkan oleh pembawa acara.

Akhirnya Kab. Karanganyar keluar sebagai juara dengan raihan total nilai 540, menyusul dibawahnya juara ke 2 Kab. Klaten dengan raihan nilai total 535 dan peingkat ke tiga Kab Kebumen dengan nilai akhir 345. Selain itu yel – yel yang dibawakan oleh para peserta juga turut dilombakan. Untuk kategori yel-yel, regu dari Kabupaten Temanggung keluar sebagai pemenang dan berhak untuk mendapatkan hadiah berupa bingkisan.

Juara I dan II berkesempatan mewakili Bakorwil II untuk mengikuti lomba Kadarkum Ormas TP-PKK Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2015

LOMBA KADARKUM di BAKORWIL I TH 2015

Pada hari Selasa tanggal 7 April 2015 Bakorwil I Provinsi Jawa Tengah bersama Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah telah menyelenggarakan Lomba Kadarkum Ormas TP-PKK Tingkat Bakorwil I Tahun 2015. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 wib bertempat di Pendopo Kabupaten Kudus, Jalan Simpang Tujuh Nomor 7 Kudus. Acara ini dibuka oleh Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah yang mewakili Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah yang berhalangan hadir.

Dalam Lomba Kadarkum ini, diikuti oleh partisipan sebanyak 11 regu dari Kabupaten/Kota se Wilayah Bakorwil I. Hasil dari penyelenggaraan lomba sebagai berikut :

  1. Juara I : Kota Salatiga, dengan nilai 700
  2. Juara II : Kabupaten Kendal, dengan nilai 400
  3. Juara III : Kabupaten Pati, dengan nilai 275

Bagi para pemenang lomba telah diberikan penghargaan berupa uang pembinaan dan trophy, sebagai berikut :

  • Juara I : mendapatkan trophy + uang pembinaan Rp. 3.500.000,-
  • Juara II : mendapatkan trophy + uang pembinaan Rp. 2.500.000,-
  • Juara III : mendapatkan trophy + uang pembinaan Rp. 1.500.000,-

Selain itu yel – yel yang dibawakan oleh para peserta juga turut dilombakan. Untuk kategori yel-yel, regu dari Kabupaten Semarang keluar sebagai pemenang dan berhak untuk mendapatkan hadiah berupa bingkisan.

Dari hasil akhir lomba Kadarkum, Juara I dan II berkesempatan mewakili Wilayah Bakorwil I untuk mengikuti lomba Kadarkum Ormas TP-PKK Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2015 mendatang.