Info Publik

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H

idul fitri 1436 H

Segenap Keluarga Besar Biro Hukum SETDA Provinsi Jawa Tengah,

Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 

Tahun 1436 H.

 

Pertemuan Anggota JDI Hukum Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015

IMG 0347

 

Biro Hukum pada hari senin, 15 Juni 2015 mengadakan pertemuan anggota JDI Hukum Kab/kota se-jawa tengah. Acara tersebut bertempat di gedung B lantai 5 Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan No.9 Semarang dan di buka oleh Assisten Pemerintahan Bapak Siswo Laksono, SH, MKn. Dalam sambutannya para anggota JDI Hukum Kab/Kota dan Pusat bisa mengerti tentang tugas dan fungsi nya sebagai pusat pelayanan informasi kepada masyarakat dalam menginformasikan melalui Teknologi Informasi Komputer, sehingga di harapkan dengan adanya website sebagai media mendapatkan informasi yang cepat dapat menjadi referensi bagi aparat birokrasi dan para pemangku kebijakan dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, website ini diharapkan juga berfungsi sebagai jejaring sosial yang mampu memenuhi kebutuhan masya-rakat, kalangan akademisi, maupun stakeholder terkait akan dokumentasi dan informasi hukum sekaligus mengajak masyarakat untuk menjadi warga negara yang patuh dan taat hukum. Adapun susunan acara dalam pertemuan tersebut adalah :

1. Laporan Penyelenggaraaan Pertemuan JDI Hukum Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015 oleh Ibu Indrawasih, SH, MH (Kepala Biro Hukum SETDA Prov Jateng)

2. Materi 1 tentang Kebijakan Nasional dan Kebijakan Teknis Pengelolaan Dokumentasi dan Informasi Hukum  oleh Bapak Drs. Buddy Wihardja, MSi (Kepala Pusat Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional BPHN)

3. Materi tentang Sistem informasi dan Dokumentasi Hukum secara elektronik oleh Bapak Aminullah, S.Kom, MSi (Kasubbid Sistem dan Jaringan Elektronik BPHN)

4. Perumusan Pertemuan yang di wakili dari Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Wonosobo

Dalam Acara pertemuan tersebut dapat simpulkan antara lain :

– Kabupaten / Kota perlu mendapat dukungan dari pemerintah pusat (BPHN) / provinsi untuk memberikan surat / himbauan kepada bupati / walikota tentang pentingnya JDI Hukum ini, sehingga pimpinan yang di Kabupaten / Kota bisa memberikan anggaran lebih untuk pembenahan JDI Hukum agar pelayanan informasi kepada masyarakat bisa lebih cepat .

– Perlu adanya evaluasi berkala dari BPHN tentang website dari masing-masing Kabupaten/Kota,

– Perlu adanya PERGUB tentang JDIH yang berhubungan dengan hukum, dokumentasi dan teknologinya sebagai dasar pembuatan SK dalam pembuatan tim pembina dan tim pelaksanaan di Kabupaten / Kota.

– Kabupaten / Kota membutuhkan pembinaan dari BPHN / Provinsi Jawa Tengah dalam mengembangkan JDI Hukum di daerah.

– Di butuhkan adanya standarisasi yang jelas dalam JDI Hukum, dan standarisasi dalam evaluasinya / penilaiannya.

Lomba Kadarkum III 2015 di Kota Pekalongan

IMG 0200

Pada hari senin tanggal 8 Juni 2015, di laksanakan Lomba Kadarkum III di Kota Pekalongan. Tempat pelaksanaan lomba di Gedung Amarta Setda Kota Pekalongan. Dalam Lomba tersebut di menangkan oleh kabupaten Tegal . Kabupaten tegal berhasil meraih juara 1 lomba Keluarga Sadar Hukum Ormas / TP. PKK Tingkat Bakorwil III Prop Jateng Tahun 2015. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Barkorwil III Pemerintah Propinsi Jawa Tengah dengan Biro Hukum Setda Pemprov Jateng serta Kota Pekalongan selaku tuan rumah. Adapun peserta nya meliputi Kota Tegal, Kab. Cilacap, Kab. Batang, Kab. Banjarnegara, Kab. Purbalingga, Kab.Pemalang, Kab. Banyumas, Kab. Brebes, Kab.Pekalongan, Kab. Tegal dan Kota Pekalongan.

kadarkum 3

Jalan nya Perlombaan di bagi Menjadi 2 yaitu sesi penyisihan dan sesi final. Dalam Sesi Penyisihan Pertama (Kota tegal, Kab.Cilacap, Kab. Batang dan Kab. Banjarnegara) di menangkan oleh Kab.Cilacap (juara 1) dan Kota Tegal (juara 2). Sesi Penyisihan Ke dua ( Kab. Purbalingga, Kab. Pemalang, Kab. Banyumas, dan Kab Brebes) di menangkan oleh Kab Pemalang (Juara 1)  dan Kab. Brebes (Juara 2), dan Sesi Penyisihan ke Tiga (Kab. Pekalongan, Kab. Tegal dan Kota Pekalongan) di menangkan oleh Kab. Tegal (Juara 1).

Setelah sesi penyisihan di lanjutkan ke tahap sesi final, dan yang berhak untuk lanjut ke sesi final adalah yang mendapatkan juara 1 dan 2 pada sesi penyisihan yaitu (Kab. Cilacap, Kota Tegal, Kab. Pemalang, Kab. Brebes, dan Kab. Tegal). Dalam Pertandingan final ini berlangsung sangat menegangkan, Semua tim berlomba mengeluarkan kemampuan terbaik untuk memenangkan perlombaan. Dan akhirnya dalam Perlombaan ini di menangkan oleh Kab. Tegal (Juara 1) dengan nilai 800, Kab. Pemalang (Juara 2) dengan nilai 450 dan Kab. Cilacap (Juara 3) dengan nilai 400. Selain itu yel – yel yang dibawakan oleh para peserta juga turut dilombakan. Untuk kategori yel-yel, regu dari Kabupaten Purbalingga keluar sebagai pemenang dan berhak untuk mendapatkan hadiah berupa bingkisan.

Juara I dan II berkesempatan mewakili Bakorwil III untuk mengikuti lomba Kadarkum Ormas TP-PKK Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2015

 

Sosialisasi Pengelolaan Sampah (Perda No 3 Th 2014) di Kendal

upload-web

Pada hari kamis tanggal 21 Mei 2015 di Kabupaten kendal di laksanakan sosialisasi perda no 3 tahun 2014 tentang  pengelolaan sampah. Kegiatan ini di mulai jam 10.00 yang di laksanakan di ruang pertemuan Setda kabupaten kendal lantai 2. Acara sosialisasi ini di buka oleh asisten 1 sekda kab. kendal  yaitu bapak Drs, Winarno, SH, MH. Dalam pembukaannya beliau menghimbau bahwa setiap orang harus menjaga kebersihan lingkungan hidup. Dalam sosialisasi ini yang bertindak sebagai moderator adalah Bapak Wahyu Hidayat, SH, MH ( Kabag Hukum Kab. Kendal)

susunan acara dalam sosialisasi pengelolaan sampah ini adalah

1. Laporan penyelenggaraan Sosialisasi dari Prov Jateng yang di sampaikan oleh Ibu Sapta Hermawati, SH, MM
2. Materi 1 tentang Kebijakan Pemerintah Provinsi Jateng terhadap pengelolaan sampah oleh Bapak Busono ( dari Badan Lingkungan Hidup Prov Jateng)
3. Materi 2 Tentang Perda Prov Jateng Nomor 3 tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah di Jateng Oleh Bp. Muhammad Ali, ST. MT ( dari Dinas Cipta Karya dan Tata RUang Prov Jateng)

sehingga di dapat kesimpulan dari sosialisai tersebut adalah,
1. Dari Badan Lingkungan Hidup Prov Jateng

– Sampah bisa menjadi bencana

– Sampah di pilah dari TPS sampai ke TPA dan pengelolaan sampah merupakan tanggung jawab semua warga

– Kendal masih cukup banyak sampah yang belum terkelola

2. Dari Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Prov Jateng

– Sampah bisa Meningkatkan Kesejahteraan

– Setiap orang mempunyai hak & kewajiban atas pengelolaan sampah

– TPA Regional  dari Hibah semoga bisa terealisasi di kabupaten kendal

– Sampah bisa di pilah menjadi 5

a. sampah yang mengandung B3 serta limbah B3;

b. sampah yang mudah terurai;

c. sampah yang dapat digunakan kembali;

d. sampah yang dapat didaur ulang; dan

e. sampah lainnya.  (tok)